• An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
 
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
 
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
   

Desiminasi

Kunjungan Pemerintah Daerah Kabupaten Barru

Dalam rangka mempelajari proses penelitian dan pelestarian sapi potong di Kabupaten Barru, tanggal 03 juni 2013 Wakil bupati kabupaten barru beserta rombongan mengadakan kunjungan ke loka penelitian sapi potong.

 

Rombongan diterima oleh kepala Loka Dr. Ir. Dicky Pamungkas, M.Sc. Wakil bupati kabupaten Barru bapak Drs. H.A Anwar Aksa menyampaikan tujuan dan maksud melakukan kunjungan ke lolitsapi. Sebelum melakukan kunjungan lapang peserta diberi penjelasan terlebih dahulu sekilas tentang profil Loka Penelitian Sapi Potong dan acara dilanjutkan ke kandang percobaan model litbangtan.

Acara dilanjutkan dengan diskusi yang didampingi oleh beberapa narasumber yaitu: Ir. Mariyono, M.Si, Dr. Drh. Darminto, Ir. Didik Eko W, dan Yudi Adinata, S.Pt, M.Sc. Peserta tertarik dengan penjelasan yang diberikan oleh narasumber tentang model kandang model litbangtan dan model pemberian pakan yang dipakai di Loka Penelitian Sapi Potong. Pemerintah kabupaten Barru berencana membuat perbibitan dengan prototype kandang model litbangtan dengan memanfaatkan pakan yang ada dan tersedia di kabupaten Barru.

 

Kunjungan Mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto

Dalam rangka memperluas wawasan kompetensi mahasiswa, Rabu 05 Juni 2013 Mahasiswa Fakultas Peternakan Universitas Jenderal Soedirman Purwokerto melakukan kunjungan ilmiah ke Loka Penelitian Sapi Potong.

Rombongan berjumlah 100 orang (95 mahasiswa dan 5 dosen pendamping). Rombongan diterima langsung oleh Ir. Didik Eko W dan Noor Hudhia Krishna, S.Pt sebagai perwakilan Lolitsapi dan narasumber. Acara dibuka oleh bapak Ir Didik Eko W tentang profil Loka Penelitian Sapi Potong dan dilanjutkan sambutan dari bapak Ir. Nunuk Nurhidayat, MP, dalam sambutannya beliau menyampaikan maksud dan tujuan dari kunjungan tersebut.

Untuk lebih memahami tentang Lolitsapi, peserta diajak langsung ke kandang percobaan untuk melihat dari dekat pengelolaan sapi potong, seperti formulasi pakan, model perkandangan dan program-program  yang dilakukan di Kandang Percobaan Loka Penelitian Sapi Potong.

Setelah kunjung lapang selesai acara dilanjutkan dengan diskusi, banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh peserta membuat suasana lebih menarik dan hidup. Beberapa pertanyaan yang diajukan meliputi: Pakan, Swasembada Daging, Inovasi Teknologi.

Acara ditutup dengan foto bersama dan serah terima cinderamata. Bapak Ir. Didik Eko W berharap dengan melakukan kunjungan ini peserta tidak hanya memahami dunia peternakan secara teoritis namun juga praktis.

 

 

Kunjungan Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu

Balai Besar Pelatihan Peternakan Batu akan menyelenggarakan Diklat Pembibitan Sapi Potong dengan tema” Optimalisasi Keuntungan Usaha Pada Pembibitan Sapi Potong Bagi Penyuluh Pertanian Angkatan I”. Pada tanggal 10 Juni 2013, BBPP Batu melakukan kunjungan lapang ke Loka Penelitian Sapi Potong.

Peserta berjumlah 30 orang. Acara dibuka oleh ketua kelompok dalam sambutannya menyampaikan tujuan diadakannya kunjungan lapang yakni; untuk memeperluas pengetahuan dan penyerapan ilmu baru. Kemudian dilanjutkan sambutan dari bapak Yudi Adinata, S.Pt, M.Sc sebagai perwakilan dari Lolitsapi.

Acara diawali dengan kunjungan ke kandang percobaan dengan didampingi narasumber bapak Bambang Suryanto dan bapak Ir. Ainur Rasyid. Narasumber memberikan pemaparan mengenai perkandangan secara umum dan kondisi sapi dan dilanjutkan dengan pengukuran/cara pengukuran sapi pejantan dan mengenal morfologinya.

Setelah Ishoma, acara dilanjutkan dengan pemberian materi dan diskusi oleh narasumber bapak Ir. Jauhari Effendy, M.Si dan Dr. Ir Aryogi, MP. Materi meliputi: a) Merencanakan sistem produksi pembibitan sapi potong, b) Menilai bibit sapi potong berdasarkan silsilah/recording, c) Menentukan umur sapi potong berdasarkan gigi, d) Mengidentifikasi bangsa sapi, e) Menilai bibit sapi potong berdasarkan eksterior, f) Menyeleksi bibit sapi potong, g) Menganalisa usaha pemibibitan sapi potong.

Acara ditutup oleh ketua rombongan beliau berharap pengetahuan yang telah diperoleh dapat diapilkasikan didaerah masing-masing

   

Kunjungan Kelompok Tani “Makmur Santosa” Kabupaten Tuban

Loka Penelitian Sapi Potong sebagai lembaga yang memberikan pelayanan teknik budidaya sapi potong, pada hari selasa tanggal 04 Juni 2013 mendapatkan kunjungan dari Kelompok Tani ” Makmur Santosa” Desa Padasan Kecamatan Kerek Kabupaten Tuban melaksanakan studi banding ke Loka Penelitian Sapi Potong.

Tujuan rombongan mengadakan kunjungan yaitu mengetahui tentang literatur agribisnis ternak sapi potong.

Rombongan diterima langsung oleh Kepala Lolitsapi bapak Dr. Ir. Dicky Pamungkas, M.Sc dan dilanjutkan dengan sambutan dari bapak Supriyono selaku ketua rombongan dan perwakilan dari BPPKD Tuban menyampaikan tujuan diadakannya kunjungan untuk menimbah ilmu tentang sapi potong di Loka Penelitian Sapi Potong.

Acara dilanjutkan ke kandang percobaan dengan didampingi narasumber: Ir. Didik Eko Wahyono dan Bambang Suryanto. Acara ditutup dengan sambutan dari ketua rombongan dalam sambutannya beliau berharap adanya jalinan kerjasama antara BPPKP dan Lolitsapi untuk pengembangan ternak.

 

Penyebaran Bibit Rumput/Hijauan di Luar Lolit Kambing Sei Putih

Bibit Rumput/Hijauan Disebar ke Luar Lolit Kambing Sei Putih

Seperti halnya Boerka, bibit rumput juga disebar ke daerah lain untuk mendukung ketersediaan pakan ternak. Dalam rangka peningkatan kuantitas maupun kualitas pakan bibit rumput/hijauan telah disebar, terutama yang dianggap mengandung nilai nutrisi dan produksi tinggi, lebih tahan pada berbagai cuaca dan lebih tahan di bawah naungan tanaman lain. Penyebaran ini diharapkan dapat meningkatkan keragaman sumber pakan dan produksi yang mencukupi untuk mengimbangi laju populasi ternak di daerah khususnya, dan di Indonesia secara umum. Berikut beberapa jenis bibit rumput/hijauan dan lokasi penyebaran;

 

Tanggal

Yang menerima

Instansi

Lokasi penanaman

Jenis

05 Peb 2012

Reza

Peternak

Pancur Batu, D. Serdang

Indigofera

30 Mar 2012

Jenggi

Disnak

Tanah Karo

Brachiaria ruziziensis, Brachiaria humidicola

12 Apr 2012

Budi

Kel. tani

Batubara

Indigofera

17 Apr 2012

Simon Ginting

Lolit Kapo

Tanah Karo

Murbei

20 Apr 2012

Disnak

Disnak

Batu Raja,  Palembang

Brachiaria ruziziensis,  Stenotaphrum secondatum

03 Apr 2012

Debora

USU

Tanjung Anom, Sumut

Stenotaphrum secondatum, Brachiarian ruziziensis, Braciaria humidicola, Arachia glabrata

05 Sep 2012

S. Bangun

USU

Sibru-biru, Deli Serdang

Brachiarian ruziziensis, Braciaria humidicola, Arachis pintoi, Stylosanthes guianensis,  Chramaista rotudifolia

10 Jun 2012

Amri

Kel. Tani

Tinggi Raja, Asahan

Brachiarian ruziziensis,  Stylosanthes guianensis

20 Jul 2012

Mitra

Peternak

Patumbak, Sumut

Kinggrass

25 Okt 2012

Tatang Ibrahim

BPTP Sumut

Pantai Cermin, S. Bedagai

Leuchaena leucosephala,

20 Nop 2012

Sri Setia Ningrum

Un. Panca Budi

Fak. Pertanian, Sumut

Brachiarian ruziziensis Braciaria humidicola,  Paspalum plicatulum, Digitaria milanjiana, Paspalum gueonarum, Stenotaphrum secondatum, Indigofera,Gajah kerdil

21 Nop 2012

Bahrum

Dinas Disnak

Binjai, Sumut

Indigofera

24 Nop 2012

Binsar Simatupang

BBPP

Kupang, NTT

Indigofera

26 Nop 2012

Nevi

Universitas Sumatera Utara

Serdang Bedagai

Stenotaphrum secondatum

Braciaria humidicola, Arachis pintoi, Digitaria milanjiana, Stylosanthes guianensis

03 Des 2012

Disnak

Papua

Lahan Savanah, Papua

Indigofera

Panicum maximum

Andropogon

Leuchena leucoshepala

Brachiaria ruziziensis

Stylosanthes

18 Des 2012

Irwansyah

Peternak

Aceh Tengah

Stylosanthes guianensis,  Indigofera

18 Des 2012

Rinto

Peternak

Yogyakarta

Indigofera

27 Peb 2013

Chalid Talib

Peneliti

Bogor

Stylosanthes guianensis

   

Halaman 1 dari 3




Home | Hubungi Kami | Forum | Site Map | Tim Redaksi
(c) Copyright 2009 - 2014 Puslitbangnak
Jl. Raya Pajajaran Kav E59 Bogor 16151 Jawa Barat, Indonesia
Phone. +62 251 8322183, +62 251 8328383
e-Mail: medpub@litbang.deptan.go.id - puslitbangpeternakan@gmail.com

               





www.litbang.deptan.go.id