• An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
 
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
 
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
   

Pertanian Bioindustri untuk Masa Depan

Kementerian Pertanian telah menyiapkan konsep pembangunan pertanian berbasis bioindustri dalam bentuk Sistem Induk Pembangunan Pertanian 2015-2045. Dalam rangka memberikan pemahaman lebih luas terkait konsep pertanian bioindustri, Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbang Peternakan) telah menyelenggarakan Seminar pada Jum’at 27 Juni 2014 bertempat di Aula Balai Penelitian Ternak, Ciawi-Bogor.

Prof. Tjeppy D. Soedjana dan Kepala Bidang Program dan Evaluasi mempresentasikan program atau konsep masing-masing dengan judul “Pemahaman Tentang Konsep Pertanian Bioindustri dan Perencanaan Program serta Anggaran Penelitian Dalam Mendukung Pertanian Bioindustri”. Sedangkan Kepala Balai Besar Penelitian Veteriner, Kepala Balai Penelitian Ternak, Kepala Loka Penelitian Sapi Potong dan Kepala Loka Penelitian Kambing Potong mempresentasikan program atau konsep yang berjudul “Rencana Kegiatan Terkait Konsep Pertanian Bioindustri Berbasis Peternakan”.

 

Tausyiah Tarhib Ramadhan

Marhaban ya Ramadhan. Barangsiapa yang bergembira menyambut bulan Ramadhan, Allah haramkan kulitnya disentuh api neraka. Keluarga besar Puslitbang Peternakan menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, Rabu 25 Juni 2014 mengadakan tausyiah kepada para karyawan Puslitbangnak, BBlitvet, Balitnak dan TP2I. Prof. Tjeppy D. Soedjana dalam ceramahnya dengan judul Bertakwa Sepanjang Hayat. Takwa dalam artian berusaha selalu memposisikan diri jauh dari api neraka dengan melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi larangan-Nya. Selanjutnya menyampaikan, Bagaimana mungkin kalian kafir kepada Allah sementara kalian adalah mati (tiada) kemudian Tuhan menghidupkan kalian, kemudian mematikan kalian, selanjutnya kepada-Nya kalian dikembalikan (QS, Al Baqarah 28). Bekerja adalah ibadah yang harus dimulai dengan Basmallah dan diakhiri dengan Hamdalah. Dalam bekerja kita harus menyiapkan bekal untuk keselamatan akhirat kita nanti. Acara diakhiri dengan dengan bermaaf-maafan, ramah tamah, dan makan siang bersama.

 

Technical Product Presentation dan Sosialisasi Strategi Nasional Rencana Aksi Sumberdaya Genetik Hewan

Dalam rangkaian acara pameran Indo Livestock 2014 yang digelar di Jakarta Convention Center tanggal 18 – 20 Juni 2014, Badan Litbang Pertanian telah mengisi acara Technical Product Presentation pada tanggal 20 Juni 2014. Peserta yang turut hadir pada acara ini sekitar 100 orang dari berbagai institusi Kementan, swasta, peternak serta asosiasi.

Acara ini dibuka oleh Kepala Puslitbang Peternakan  mewakili kepala Badan Litbang Pertanian dalam sambutannya disampaikan bahwa acara ini merupakan bentuk diseminasi teknologi hasil inovasi UPT Badan Litbang Pertanian. Materi paparan berupa hasil riset peternakan, veteriner, pascapanen, alat dan mesin, dan tambahan sosialisasi tentang strategi nasional dan rencana aksi sumberdaya genetik ternak. Kepala Puslitbang Peternakan berharap produk yang telah dihasilkan tersebut dapat dikerjasamakan dengan calon mitra. Disampaikan pula bahwa dari acara ini tidak menutup kemungkinan Litbang mendapatkan masukan untuk penyempurnaan produk teknologi yang akan dihasilkan ke depan.

Materi yang disampaikan yaitu 1) Skabisida Berbahan Dasar Daun Gamal yaitu tentang pengobatan penyakit skabies dengan menggunakan daun Gamal yang efektif dapat menyembuhkan skabies hingga 100%; 2) Plastik Antimikroba untuk Pengemas Daging, yaitu teknologi kemasan plastik antimikroba dari ekstrak bawang putih menjaga daging tanpa mengkontaminasi dan mempengaruhi kualitas daging; 3) Teknologi Mekanisasi Pabrik Mini Lengkap Berbahan Baku Limbah Kelapa Sawit, pelepah sawit bisa dijadikan pakan ternak dengan dilebur terlebih dahulu menggunakan mesin penghancur pelepah kelapa sawit; 4) Inovasi Penggunaan Bahan Pakan Sumber Rumah By-Pass Protein. Pada dasarnya, invensi ini adalah berkaitan dengan metode melindungi komponen protein bahan pakan menggunakan lindungan polisakarida sehingga tidak mudah didegradasikan oleh mikrobia rumen dan dapat mencapai kompartemen saluran pencernaan pascarumen; 5) Kambing Boerka Pedaging Unggul, merupakan persilangan kambing Boer dengan kambing Kacang memiliki bobot tubuh lebih besar dibandingkan kambing lokal lain dan potensial dikembangkan di Indonesia, serta 6) Sosialisasi strategi nasional dan rencana aksi sumberdaya genetik ternak, saat ini sedang disiapkan Konsep Rencana Aksi Nasional dengan berbagai pihak diharapkan dapat memberikan pertimbangan untuk menetapkan prioritas strategis dan rencana aksi SDGH.

Para peserta tertarik dengan beberapa produk yang dipaparkan serta ingin mengetahui bagaimana pengembangan dan aplikasinya di lapang. Kepada peserta yang berminat untuk mengembangkan produk/bibit Puslitbang Peternakan mempersilakan untuk mengajukan surat permohonan yang ditujukan kepada Kepala Puslitbangnak.

Bahan Technical Product Presentation dan Sosialisasi Strategi Nasional Rencana Aksi Sumberdaya Genetik Hewan, dapat diunduh pada: http://peternakan.litbang.deptan.go.id/file_sharing/TPP2014/

   

Stand Kementerian Pertanian Design Booth Terbaik

Stand Kementerian Pertanian mendapat penghargaan sebagai Desain Booth Peringkat ke-3 terbaik (The 3rd Best Stand Design). Pameran Indo Livestock ke-9 tahun 2014 digelar pada tanggal 18-20 Juni 2014 di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta. Stand Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian mendapat perhatian pengunjung karena materi yang dipamerkan sangat menarik.

Adapun materi yang dipamerkan antara lain: Domba Komposit (Garut dan Sumatera), Boerka kambing pedaging unggul, Probion, Silase tongkol jagung, Aksapon SR penekan emisi gas metan, Commin blok, Bioplus, Indigofera sp sumber protein murah untuk ternak kambing, Rumput unggul pakan ternak, Amoniasi tongkol jagung, Kulit nenas sebagai pakan alternatif, Strategi Nasional dan rencana aksi sumberdaya genetik hewan untuk pangan dan pertanian. Mesin pencacah hijauan pakan ternak (chopper), Pabrik mini pengolahan pakan lengkap berbasis limbah kelapa sawit, Pengobatan scabies dengan daun gamal pada kambing dan domba Cara sederhana dalam Pemberantasan virus flu burung, Teknologi pembuatan kemasan plastik anti mikroba untuk pengawetan daging, Teknologi pembuatan kemasan edible film anti mikroba untuk mengawetkan daging sapi dll.

Dalam pameran ini pengunjung stand Badan Litbang Pertanian dapat mencicipi produk berupa susu kambing, nugget dan sosis (kambing dan domba). Selain itu juga disediakan souvenir (mug, payung, topi, tas, book note) dll.

Badan Litbang Pertanian juga mengadakan Seminar Technical Product Presentation (TPP) dan sosialisasi Strategi Nasional dan rencana aksi sumberdaya genetik hewan untuk pangan dan pertanian. (REP, MIF)

 

Cintai dan Konsumsi Produk Sendiri

Indolivestock merupakan salah satu kegiatan pameran dan forum industri peternakan, pakan ternak, susu dan perikanan terbesar di Indonesia (Indofeed Expo & Forum, Indodairy Expo & Forum, dan Indofisheries Expo & Forum). Agenda utama kegiatan ini adalah pameran yang diikuti lebih dari 500 perusaahaan dari 40 negara, presentasi produk, Indonesia Livestock Awards, dan Kampaye gizi SDTI (susu, daging, telur, ikan). Selain itu didukung juga dengan seminar-seminar dari beberapa nara sumber dan penyelenggara. Tahun ini acara berlangsung dari tanggal 18-20 Juni 2014 bertempat di Jakarta Convention Center (JCC) Jakarta.

Acara dibuka secara resmi oleh Menteri Pertanian, yang dalam sambutannya beliau menghimbau kepada masyarakat Indonesia untuk membangun kesadaran agar mencintai dan mengkonsumsi produk dalam negeri. Hal ini secara tidak langsung akan meningkatkan insentif petani/peternak kita. Menteri Pertanian menekankan agar para pelaku usaha peternakaan dapat memanfaatkan peluang pada saat pasar bebas ASEAN tahun depan (2015). Kaitannya dengan produk peternakan, pemerintah berjanji akan berperan dalam menjaga agar petani/peternak tidak dirugikan dengan pengawasan harga yang stabil tetapi tidak memberatkan konsumen.

Acara pembukaan ini dilanjutkan dengan kunjungan Bapak Menteri Pertanian pada stand pameran. Badan Litbang Pertanian menampilkan: Domba Komposit Garut dan Sumatera, Kambing Boerka, Teknologi pembuatan kemasan, Publikasi (JITV, Wartazoa, prosiding dan leaflet), Produk berupa susu kambing, sosis dan nugget (kambing dan domda) serta bibit Indigofera (pakan ternak) dll.

   

Halaman 1 dari 2




Home | Hubungi Kami | Forum | Site Map | Tim Redakasi
(c) Copyright 2009 - 2014 Puslitbangnak
Jl. Raya Pajajaran Kav E59 Bogor 16151 Jawa Barat, Indonesia
Phone. +62 251 8322183, +62 251 8328383
e-Mail: medpub@litbang.deptan.go.id - puslitbangpeternakan@gmail.com

               





www.litbang.deptan.go.id