• An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
 
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
 
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
  • An Image Slideshow
   

Dukungan Kepala Badan Litbang Pertanian Pada Kegiatan Penelitian Kelinci

Dalam rangka mendukung Kelinci sebagai sumber pangan: “Penelitian kelinci harus berbasis sains dan teknologi, penelitian kelinci tidak boleh berhenti, harus terus dikembangkan, serta akan tetap didukung dan didanai oleh Badan Litbang Pertanian” demikian cuplikan sambutan Kepala Badan Litbang Pertanian pada acara Sambutan Pembukaan National Rabbit Festival (NRF) yang diselenggarakan oleh Badan Litbang Pertanian bekerjasama dengan Himpunan Masyarakat Perkelincian Indonesia (HIMAKINDO) dan Pemerintah Daerah Kabupaten Bogor, dengan tema “Strategi Pengembangan usaha Agribisnis dan Agroindustri Ternak Kelinci dalam Rangka Menunjang Ketahanan Pangan Nasional”.

Pembukaan acara oleh Kepala Badan Litbang Pertanian bersamaan dengan dimulainya seminar kelinci dalam arahannya disampaikan bahwa jumlah penduduk dunia yang semakin meningkat maka konsekuensinya lahan pertanian akan semakin sempit untuk fasilitas perumahan dan lainnya padahal lahan ini diperlukan untuk peningkatan produksi pangan. Oleh karena itu, ternak kecil seperti kelinci sangat cocok untuk dikembangkan selain karena berproduksi cepat, juga tidak memerlukan lahan luas dan pemeliharannya ramah lingkungan.

Acara NRF kali ini menjadi lebih istimewa karena merupakan acara yang tidak terpisahkan dengan peringatan HUT Badan Litbang Pertanian ke-40. Selama dua hari, dari tanggal 23-24 Agustus 2014 beberapa rangkaian kegiatan digelar di Kantor Puslitbangnak, Jl. Raya Pajajaran Kav E 59 Bogor. Kegiatan selama dua hari tersebut meliputi Seminar, Pelatihan Budidaya Kelinci, Kongres HIMAKINDO, kontes kelinci, lomba mewarnai dan menggambar.

Pada kesempatan ini, juga digelar pameran yang menampilkan inovasi teknologi yang telah dihasilkan Badan Litbang Pertanian tentang peluang dan prospek budidaya kelinci. Beberapa peserta pameran lainnya yaitu HIMAKINDO, ARPA, perusahaan biogas, UMKM dan Pemda Kabupaten Bogor turut mengisi stand pameran yang digelar selama dua hari tersebut.

 

Open House Loka Penelitian Sapi Potong

 

Memperingati 40 tahun Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian dan rangkaian acara Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner 2014, telah dilaksanakan Open House Inovasi Teknologi Sapi Potong di Loka Peneleitian Sapi Potong, Grati tanggal 14 Agustus 2014.

Acara dibuka dengan Sambutan Selamat Datang dan paparan kinerja Lolitsapi (Dr. Dicky Pamungkas MSc) dan dilanjutkan dengan Arahan dan Sambutan Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Dr. Bess Tiesnamurti). Hadir dalam acara Open House ini para Kepala UPT Lingkup Badan Litbang Pertanian dan peserta seminar yang berasal dari berbagai wilayah di Indonesia, STPP Lawang, BBIB Singosar, BLPP Ketindan, dan BBPP Batu), Universitas Tribuwana, BPTP Kalteng, BPTP Kaltim, Kelompok Tani Ternak Blora (Jateng) dan Lumajang (Jatim), Camat dan Muspika Kecamatan Grati, Kepala Desa, Dharma Wanita Lolitsapi, dan masyarakat sekitar Grati.

Pada acara tersebut dipamerkan Poster dan Produk Inovasi Sapi Potong (antara lain bahan pakan ternak, campuran bahan pakan siap saji, dan plot-plot tanaman pakan ternak). Sedangkan pendukungnya adalah Tampilan Sapi PO hasil seleksi ( 3 ekor pejantan), 3 (tiga) pejantan untuk lomba Judging, sapi Bali, Sapi Madura, Sapi jabres, Sapi Galekan, Sapi Perah laktasi, dan kambing Perah laktasi. Sedangkan gelaran pendukung adalah bazaar dari Ibu-ibu Dharma Wanita Lolitsapi dan Pengrajin Batik khas Pasuruan (Binaan UKM Kab. Pasuruan).

Dalam rangkaian acara tersebut dilakukan penyerahan Pejantan hasil seleksi (11 ekor) secara simbolik (berupa sertifikat dan Gambar ternak) kepada mitra kerja (stake holder) Loka Penelitian Sapi Potong disaksikan oleh Kapuslitbang Peternakan. Mitra penerima Pejantan, diantaranya: BPTP Jawa Timur, BPTP Kalteng, BPTP Kaltim, Balittas, Dinas Peternakan Kab. Blora dan Dinas Peternakan Kab. Lumajang (beserta wakil kelompok tani ternak-nya)

Peserta Gelaran Open House Inovasi Sapi Potong berkesempatan mengunjungi kandang percobaan di Lolitsapi, yang pada saat itu ada beberapa kegiatan penelitian in House yang sedang berlangsung  antara lain: Formulasi Pakan, pengaturan perkawinan pada kandang komunal, penelitian Breeding, dan gelaran prototipe Biondustri peternakan (biogas dan biolektrik).

 

Puslitbangnak Mendukung Pertanian Bioindustri Berkelanjutan

Kegiatan Seminar Nasional Teknologi Peterakan dan Veteriner dengan tema “Teknologi Peternakan dan Veteriner Mendukung Pertanian Bioindustri Berkelanjutan”. tahun ini dilaksanakan di Malang 12-14 Agustus 2014.  Acara dibuka oleh Kapuslitbangnak (Dr. Bess Tiesnamurti) yang dihadiri  kalangan akademisi, peneliti, dinas dan instansi terkait , praktisi dan lembaga swadaya masyarakat.

Seminar penting dilaksanakan dalam rangka menyampaikan hasil-hasil penelitian dan sarana tukar menukar informasi dan pengetahuan terkini. Seminar menampilkan 3 narasumber:  John Weafer (The Impact of emerging diseases on livestock farming), Fahmuddin Agus (Dampak Perubahan Iklim Terhadap Sektor Pertanian dan Strategi Menghadapinya dalam Membangun  Pertanian Bioindustri) Heru Prabowo  (ASEANE Economic Community 2015 and Indonesia Dairy Situation), Kusri Utami (Success story pengembangan perbibitan Ayam Lokal (KUB-1). Disamping itu ditampilkan juga 120 makalah penunjang yang disampaikan secara oral dan poster.

   

Promosi Produk Pertanian

Puslitbang Peternakan telah ikut berpartisipasi pada acara promosi produk-produk pertanian segar dan olahan nusantara di gedung eks Rumah Sakit Pasar Minggu.Gedung ini  menjadi sentra promosi dan pemasaran produk pertanian nusantara berlangsung pada tanggal 24 Juli 2014, Menteri Pertanian (Ir. Suswono) didampingi oleh Wamen Pertanian, Menteri Kordinator Perekonomian (Chairul Tanjung), dan Wamen Perdagangan berkenan membuka acara tersebut.

Strategi promosi yang akan dibangun adalah strategi pemasaran virtual berbasis internet untuk mempermudah akses pasar dunia. Sementara strategi pemasaran konvensional dilakukan dengan menyediakan etalase produk-produk unggulan dari berbagai daerah di seluruh Indonesia.

Dalam acara terbut Puslitbang Peternakan memamerkan dan menjual ayam Kampung (KUB), Telur ayam kampung, Telur itik, dan Youghurt.

Pada acara tersebut dilakukan penandatanganan MoU beberapa pelaku usaha agribisnis dengan perusahaan mitra menjadi target dari fasilitas kemitraan dan kewirausahaan. Selain itu menteri pertanian juga melepas ekspor produk pertanian ke berbagai negara diantaranya ke Belanda, Azerbaijan, Dubai, Hongkong, Singapura dan Thailand.

 

Pertanian Bioindustri untuk Masa Depan

Kementerian Pertanian telah menyiapkan konsep pembangunan pertanian berbasis bioindustri dalam bentuk Sistem Induk Pembangunan Pertanian 2015-2045. Dalam rangka memberikan pemahaman lebih luas terkait konsep pertanian bioindustri, Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan (Puslitbang Peternakan) telah menyelenggarakan Seminar pada Jum’at 27 Juni 2014 bertempat di Aula Balai Penelitian Ternak, Ciawi-Bogor.

Prof. Tjeppy D. Soedjana dan Kepala Bidang Program dan Evaluasi mempresentasikan program atau konsep masing-masing dengan judul “Pemahaman Tentang Konsep Pertanian Bioindustri dan Perencanaan Program serta Anggaran Penelitian Dalam Mendukung Pertanian Bioindustri”. Sedangkan Kepala Balai Besar Penelitian Veteriner, Kepala Balai Penelitian Ternak, Kepala Loka Penelitian Sapi Potong dan Kepala Loka Penelitian Kambing Potong mempresentasikan program atau konsep yang berjudul “Rencana Kegiatan Terkait Konsep Pertanian Bioindustri Berbasis Peternakan”.

   

Halaman 1 dari 2




Home | Hubungi Kami | Forum | Site Map | Tim Redakasi
(c) Copyright 2009 - 2014 Puslitbangnak
Jl. Raya Pajajaran Kav E59 Bogor 16151 Jawa Barat, Indonesia
Phone. +62 251 8322183, +62 251 8328383
e-Mail: medpub@litbang.deptan.go.id - puslitbangpeternakan@gmail.com

               





www.litbang.deptan.go.id